Mengisi Kekosongan dan Melengkapi

Diantara celah celah sebuah sistem yang besar, ketika menghadapi kebuntuan. Dimana kebutuhan tidak diakomodir sistem, kita bisa membuat celah celah itu terisi. Tanpa koordinasi dan komando kita bisa memulai berkreasi.

Ketika bertugas diseksi pelayanan dimana seksi ini adalah wajah terdepan kantor pajak, salah satunya ketika diterapkannya penggunaan kartu NPWP plastik model ATM. Saat itu kami merasa bahwa pencetakannya harus manual pake MSword karena tidak diakomodir di sistem IT yang baru.

Saat itu kami menggunakan satu printer yang digunakan bersama-sama. apabila ingin mencetak harus tanya dulu ke rekan sebalahnya "Mau Nyetak ..?" Inilah awal lahirnya aplikasi "MonyeTAX" yang merupakan solusi praktis pencetakan kartu NPWP plastik dari berbagai sumber data. Tentunya dengan menyesuaikan Format sesuai SURAT EDARAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK NOMOR SE-17/PJ/2009
PENETAPAN BAHAN, BENTUK, UKURAN, WARNA, DAN ISI KARTU NOMOR POKOK WAJIB PAJAK TANGGAL 19 Februari 2009.

Satu hal yang saya catat bahwa sesuai SE tersebut "alamat wajib pajak" ditulis dalam Format TitleCase padahal di database perpajakan diformat UPPERCASE. Nah ... aplikasi MonyeTAX sudah mengakomodir ini. Menutup celah dan melengkapi yang kurang.

0 komentar:

Posting Komentar