Bahasa Pemrograman



Bahasa pemrograman adalah bahasa buatan yang dirancang untuk berkomunikasi instruksi untuk mesin, terutama komputer. Bahasa pemrograman dapat digunakan untuk membuat program yang mengontrol perilaku dan mesin / atau untuk mengekspresikan algoritma tepatnya.

Bahasa-bahasa pemrograman yang paling awal mendahului penemuan komputer, dan digunakan untuk mengarahkan perilaku mesin seperti alat tenun Jacquard dan piano player. Ribuan bahasa pemrograman yang berbeda telah diciptakan, terutama di bidang komputer, dengan lebih banyak yang diciptakan setiap tahun. Bahasa pemrograman yang paling menggambarkan perhitungan dengan gaya imperatif, yaitu, sebagai urutan perintah, meskipun beberapa bahasa, seperti yang yang mendukung pemrograman fungsional atau logika pemrograman, menggunakan bentuk-bentuk alternatif deskripsi.

Deskripsi tentang bahasa pemrograman biasanya dibagi menjadi dua komponen dari sintaks (bentuk) dan semantik (makna). Beberapa bahasa yang didefinisikan oleh spesifikasi dokumen (misalnya, bahasa pemrograman C ditentukan oleh Standar ISO), sedangkan bahasa lain, seperti Perl 5 dan sebelumnya, memiliki implementasi dominan yang digunakan sebagai referensi.

(Terjemah bebas Google dari artikel http://en.wikipedia.org/wiki/Programming_language)

Ini adalah daftar dari sebagaian bahasa - bahasa pemrograman yang pernah dibuat, baik yang masih eksis maupun yang sudah pensiun

http://en.wikipedia.org/wiki/Lists_of_programming_languages


Beberapa Statistik penggunanaan bahasa pemrograman bisa dilihat di http://langpop.com/


Dari sekian banyak bahasa pemrograman yang pertama kali saya coba bahasa BASIC, Visual Basic dan VBA pada Microsoft Access. Pada tahun 2003-2004 mencoba bahasa-bahasa Scripting untuk Internet seperti PHP,ASP/X. Sejak tahun 2005 sampai sekarang mencoba peruntungan dengan menggunakan bahasa Delphi (Object Pascal). Pernah juga memperlajari Java dan C++ tapi selalu kandas :) belum jodoh kali yaa ...

Memprogram memang menyenangkan sekaligus menyebalkan. Sebuah program pasti melalui proses trial and error saat debuging. Dalam pembuatan TaxSuite saja entah berapa ratus atau ribuan kali menekan tombol F9 untuk kompilasi dan entah sudah berapa kali kompiler mengatakan bahasa kode yang saya buat mengandung error.










0 komentar:

Posting Komentar