Cintai Pekerjaanmu Bukan Kantormu


Jika anda bekerja di sebuah perusahaan, maka anda harus berusaha untuk memenuhi target yang harus dicapai instansi/perusahaan demi kemajuan  instansi/perusahaan itu sendiri. Sekali-kali lihatlah apakah kemajuan  instansi/perusahaan berbanding lurus dengan kemajuan diri anda. Kemajuan personal mungkin tak hanya bisa diukur dari seberapa banyak penghargaan yang didapat dari atasan atau seberapa banyak bonus, tapi juga diukur dari kepuasan dan pencapaian pribadi atas karir anda.

Dalam hati, anda menginginkan pekerjaan yang lebih baik untuk kemajuan diri dan sesuai dengan panggilan hati. Tapi di lingkungan kerja yang sekarang, anda seperti sudah tidak memiliki motivasi yang memacu kinerja dan kreatifitas dalam bekerja. Anda pun jadi seperti robot, selalu mengatakan ”YA” pada atasan, dan bekerja sesuai perintah tanpa memiliki passion. Inilah saatnya untuk berpikir dan mengambil langkah kongkret.

Saatnya untuk meninggalkan pekerjaaan yang sekarang and get your dream job! Ada beberapa hal yang seakan menarik anda untuk tetap duduk manis di perusahaan yang sekarang mulai dari godaan gaji besar, fasilitas lengkap, lingkungan kerja yang nyaman, hingga alasan takut tidak bisa mendapat pekerjaan yang lain. Atau mungkin perusahaan anda adalah perusahaan yang popular dan menjadi incaran ribuan jobseeker. Semua ini adalah faktor faktor yang membuat karyawan merasa betah bekerja di sebuah perusahaan. Lalu kemana anda harus melangkah?

Loyal terhadap perusahaan itu baik, namun loyal terhadap cita – cita pribadi itu yang paling penting. Ini waktunya untuk kembali kepada panggilan hati. Saatnya untuk mengabdi kepada diri sendiri demi kemajuan diri sendiri pula. Jika anda melakukan pekerjaan yang disukai, maka anda pastinya akan mengerjakannya dengan sepenuh hati. Dan Jika anda melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati, maka hal hal positif akan mengikuti dibelakangnya.

Bayangkan betapa tersiksanya orang orang yang setiap hari harus bangun pagi, menghabiskan 8 hingga 12 jam sehari untuk melakukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan pilihan hatinya. Meskipun mereka bekerja di sebuah perusahaan besar yang menjadi idaman banyak orang karena dinilai mampu memberikan gaji besar, namun ia akan merasa tidak melakukan kontribusi bagi dirinya sendiri. Pekerjaanpun akan selalu dianggap sebagai beban.

Pekerjaan yang ideal adalah pekerjaan yang sesuai dengan passion kita. Dengan mendalami pekerjaan tersebut, siapapun akan lebih maksimal dalam berkarya. Pikiran akan lebih jernih dan tak ada beban keterpaksaan sehingga kita bisa bekerja dengan baik. Betapa senangnya jika bisa menghabiskan waktu untuk berkutat dengan hal hal yang sesuai dengan hati kecil kita karena kebahagiaan yang sebenarnya tidak serta merta ada pada tujuan, melainkan terletak pada proses itu sendiri.

1 komentar: