Simonalisa 4


Ini adalah seri ke 4 sejak saya mencoba membuat aplikasi berbasis web untuk memantau pembayaran pajak di suatu kantor pelayanan pajak pratama. Ini bukan aplikasi resmi instansi kami, tetapi lebih ditujukan untuk membantu pengawasan saja.

Bukan hal yang mudah menghadirkan aplikasi web dalam keadaan kurangnya pengetahuan dan referensi, ini diganti dengan banyaknya trial dan error yang harus dialami. Tapi Alhamdulillah ... bisa diselesaikan dengan cukup memuaskan.

Tapi apakah aplikasi seperti ini diperlukan ...? 

Secara resmi telah dilauncing aplikasi Dasboard MPN sebagai pemantau data penerimaan pajak online, hanya bisa diakses oleh user tententu. Saya sempat melihatnya dan menelusurinya ... pada beberapa segi konsepnya sama dengan aplikasi SIMONALISA seperti melihat pertumbuhan dan pencapaian menurut beberapa kategori. Saya juga melihat ada kemajuan dibanding tahun sebelumnya yaitu dipisahkannya istilah MASA PAJAK dan BULAN BAYAR dimana tahun lalu menggunakan istilah yang membingungkan dan tidak dikenal di Undang-Undang Perpajakan yaitu istilah MASA BAYAR (yang dimaksud adalah BULAN BAYAR).

Ada apa saja di SIMONALISA 4

1. Menu dibuat seperti Ribbon pada MS OFFICE 2007/2010


Menu Utama

Menu Data Potensi

Menu Pencarian

Menu Chart

2. Data sudah bisa dicopy ke MS Excel

3. Tampilan yang Elegan menggunakan Teknologi Morfik




1 komentar: