Tokoh Dibalik Bahasa Pemrograman

Berikut ini beberapa tokoh yang memiliki sumbangsih besar sebagai arsitek bahasa pemrograman :

1.Anders Hejlsberg


Anders Hejlsberg (lahir Desember 1960) [2] adalah seorang insinyur perangkat lunak terkemuka Denmark yang ikut merancang beberapa bahasa pemrograman populer dan sukses secara komersial dan alat pengembangan. Dia adalah penulis asli dari Turbo Pascal, kepala arsitek Delphi, dan saat ini bekerja untuk Microsoft sebagai arsitek utama C #

(Terjemahan bebas dari http://en.wikipedia.org/wiki/Anders_Hejlsberg)








2. James Gosling

 James A. Gosling, OC (lahir 19 Mei 1955 di Calgary, Alberta, Kanada) adalah seorang ilmuwan komputer, yang terkenal sebagai bapak dari bahasa pemrograman Java.

Pada tahun 1977, Gosling menerima B.Sc dalam Ilmu Komputer dari University of Calgary. Pada tahun 1983, ia meraih gelar Ph.D di bidang Ilmu Komputer dari Universitas Carnegie Mellon, dan tesis doktornya berjudul "Kendala aljabar". Penasihat tesis adalah Bob Sproull.
Ketika bekerja terhadap doktor, ia menulis sebuah versi Emacs (gosmacs), dan sebelum bergabung dengan Sun Microsystems ia membangun sebuah versi multi-prosesor Unix sementara di Carnegie Mellon University, serta beberapa compiler dan sistem mail.

Antara tahun 1984 dan 2010, Gosling bekerja di Sun Microsystems. Ia dikenal sebagai bapak bahasa pemrograman Java.

(terjemahan bebas dari http://en.wikipedia.org/wiki/James_Gosling)

3. Yukihiro Matsumoto  


Yukihiro Matsumoto?, Alias ​​Matz, lahir 14 April 1965) adalah seorang ilmuwan komputer Jepang dan programmer perangkat lunak paling dikenal sebagai desainer kepala dari bahasa pemrograman Ruby dan implementasi referensi, Matz Ruby Interpreter (MRI)

(terjemahan bebas dari http://en.wikipedia.org/wiki/Yukihiro_Matsumoto)




0 komentar:

Posting Komentar